Latest Photos

Rabu, 05 Februari 2014

Sejarah Makassar Yang Sedikit Terlupakan


Tumapa'risi' Kallonna (Orang Sakit Lehernya)

Memerintah pada awal abad ke-16, di Kerajaan Gowa berpangkat Karaeng (Penguasa) Gowa ke-9, yang namanya Tumapa'risi' Kallonna (Orang Sakit Lehernya). Pada masa itu salah seorang penjelajah Portugis memberi komentar  "daerah yang disebut Makassar sangatlah kecil". Dengan melakukan perombakan renofasi besar-besaran di kerajaan, Tumapa'risi' Kallonna (Orang Sakit Leher) mengubah daerah Makassar dari sebuah konfederasi atau perserikatan  antar-komunitas yang leluasa dan longgar menjadi satu negara kesatuan Gowa. Dia juga otang yang mengatur penyatuan kabupaten Gowa sekarang dan Tallo kemudian memperekatkannya dengan  sumpah yang mengatakan bahwa sapa saja yang mencoba membuat kerusuhan yang mengakibatkan mereka saling melawan (ampasiewai) akan mendapat hukuman Dewata. Sebuah UU dan aturan berperangan dibuat, dengan sistem pengumpulan pajak Masa kepemerintahannya dipuja dan dipuji sebagai satu masa ketika hasil panen bagus dan hasil penangkapan ikan banyak.
Dalam beberapa penyerangan militer yang berhasil pemimpin Gowa ini mengalahkan negara tetangganya, dan merancang satu pola ambisi imperial yang kemudian penguasa-penguasa setelahnya berusaha menandinginya pada masa abadl ke-16 dan ke-17. adapun Kerajaan yang dikalahkan oleh Tumapa'risi' Kallonna adalah Kerajaan Siang, serta Kerajaan Bone, walaupun ada yang mengatakan bahwa kerajaan Bone dikalahkan oleh Tunipalangga.

Tunipalangga


Tunipalangga dikenang karena sejumlah pencapaiannya, seperti yang disebutkan dalam Kronik atau (merupakan fakta kronologis yang memberikan bahan kepada para peneliti untuk mendapat penafsiran yang saling berhubungan) (Cerita para pendahulu) Gowa, diantaranya adalah:
  1. Mengalahkan  dan menjadikan bawahan Bajeng, Lengkese, Lamuru, Polombangkeng, Soppeng, berbagai daerah kecil di belakang Maros, Wajo, Sawitto, Suppa, Alitta, Panaikang, Duri,  Bulukumba dan daerah-daerah lainnya di selatan, dan wilayah pegunungan di selatan.
  2. Orang yang pertama  membawa orang-orang Sawitto, Bacukiki dan Suppa ke Gowa.

Untuk Sejarah yang lebih lengkapnya silahkan kunjungi orang -orang yang Bisa memberi apa yang ada cari, blog saya ini hanya membagi sepelintir saja dengan apa yang saya tau, walau banyak melihat dari berbagai blog lainnya. 
jika terjadi kesalahan dari penulisan saya tolong maafkan saya, dan di koment mana yang salah agar kita anak sulawesi bisa menjaga sejarang yang dibuat pendahulu kita. 
thumbnail
Judul: Sejarah Makassar Yang Sedikit Terlupakan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Sejarah dan BUdaya :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz